Connect With Us

Diberdayakan oleh Blogger.

Texts

Pengikut

Cari Blog Ini

Category List

Instructions

Sabtu, 10 Desember 2016

Tag:

MAKALAH PEMBUATAN CAFE

CAFE PANCONG HANDAYANI

KATA PENGANTAR
Kami panjatkan Puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan karunianya
Dan Hidayahnya yang telah membantu kami dalam penyusunan proposal ide bisnis yang mana tema yang kami ambil dalah bisnis dalam dunia Kuliner dengan judul yang kami usung   “cafĂ© pancong handayani”. Dan kami berharap dalam penyusunan proposal ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dan kreatifitas kami. Walaupun kami menyadari segala keterbasan tentang pengetahuan bisnis. Untuk itu kami membutuhkan kritik dan saran dari berbagai pihak dalam proposal ini.

BAB 1
PENDAHULUAN

A. LATAR BLAKANG

Berdasarkan pengamatan, saat ini bisnis cafe outdoor semakin marak saja. Terutama untuk lingkungan dekat kampus. setelah saya survei secara langsung menyimpulkan jika bisnis ini sangat menjanjikan. Bisnis cafe outdoor PANCONG HANDAYANI adalah sebuah bisnis yang menyediakan makanan dan minuman yang umumnya disediakan di dalam ruangan tapi kami sediakan di luar ruangan dengan menggunakan keunggulan produk kami yaitu kue pancong aneka rasa juga minuman yang mudah dibuat cepat dengan harga yang bersahabat mungkin dengan pertimbangan lebih praktis bagi pengelolanya.tidak diperlukan keahlian khusus untuk penyediaan menu-menu itu tetapi keuntungan yang didapatkan sangatlah besar.

B. RUMUSAN MASALAH

Bagaimana upaya yang akan dilakukan konsumen untuk mencari informasi mengenai produk Anda, bagaimana konsumen mampu mengingat dan menyimpan produk Anda di dalam memori mereka. Ada beberapa informasi yang bisa diingat konsumen dalam memori yakni nama atau merek yang unik, karakteristik merek tertentu, iklan dari merek tertentu dan sebagainya.(masih banyak permasalahan)

C. TUJUAN

Untuk belajar berwirausaha, mengembangkan kreativitas, pengetahuan dan kemampuan dari ilmu yang kami miliki serta menciptakan lapangan pekerjaan dan berdasarkan kebutuhan usaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.


BAB 2
PEMBAHASAN

A. NAMA USAHA

Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “CAFE PANCONG HANDAYANI” yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan.

Visi, Misi, dan Strategi Perusahaan
a.       Visi perusahaan
Menjadi kedai kopi yang mampu berkompetisi secara sehat dan mempunyai daya  saing yang tinggi.

b.      Misi perusahaan
·         Memberikan layanan yang berorientasi pada kepuasan konsumen
·         Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga terjangkau

B. LOKASI USAH

Lokasi di daerah central bisnis di jalan setasiun cimahi kota cimahi dimana pengunjungnya dari berbagai kalangan karna lokasi terletak dekat dengan setasiun cimahi, perkantoran TNI, perumahan, dan kampus.

C. Waktu Operasional

CAFE PANCONG HANDAYANI dibuka mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan  24.00 WIB yang mana segala kalangan dapat mengunjungi kami saat waktu senggang.

D. TARGET PELANGGAN

Orientasi bisnis ini memiliki target pelanggan dengan spisifikasi yang telah di tetapkan memiliki potensi besar, yaitu :

1. First target, adalah sasaran pelanggan anak muda dan pelajar yang menetap di sekitar lokasi.
2. Secondary target, adalah Pengguna jalan yang ingin istirahat dan pengunjun setasiun cimahi.

E. JENIS USAHA


PANCONG ORIGINAL
PANCONG COKLAT
PANCONG KEJU
PANCONG COKLAT KEJU
TELUR 1/2 MATANG
KACANG HIJAU
INDOME
MINIUMAN DINGIN
MINUMAN HANGAT


F. MODAL

Untuk modal masih belum diprediksi, dan ini kebutuhan yang harus di beli:

Renovasi tempat (cat tempat, potong rumput, dan membuat pagar tanaman)
lampu gantung / lampion
3 tenda payung
meja 4 (dalam saung 2 dan luar 2)
kursi 10
terpal
lemari (sudah ada)
 kompur gas 2
peralatan masak
gelas 2 lusin
piring 2 lusin
asbak
tisu dan tempatnya
makan dan minuman

(selanjutnya silahkan di tambahkan)
Modal ini dari dana mandiri belum ada pinjaman dari pihak lain


G. KEUNTUNGAN

Masih belum terlihat

H. TENAGA KERJA

Bisnis ini adalah milik bersama, adapun tenaga kerja adalah pemilik yang di gunakan hanya 3 orang yang merupakan lulusan SI dengan gelar s.kom dengan seleksi yang sederhana
dan tdak memerlukan biaya. Pelatihan tenaga kerja tersebut adalah dengan
memberikannya tutorial aplikasi computer dan pengenalan beberapa softwere dan
hardware. Ini bertujuan supaya bisa mengatasi masalah konsumen.
Untuk pelatihan Pembuatan kopi dan menu makanan lainnya dengan memberikannya cara
membuat dan menyajikan makanan, karena prosen pembuatan dan penghidangan
makanan ini sangtlah sederhana, jadi cukup dengan petunjuk dari buku-buku dan internet.
kopensasi untuk pekerja insaallah Rp 50.000/ hari

I. PROMOSI DAN STRATEGI

1. PENJABARAN
maka tahap selanjutnya yaitu mengkonsep dekorasinya ingin seperti apa? Karena untuk kalangan anak muda, nuansa romantis juga perlu di tambahkan serta jangan lupa berilah tempat hiburan. Bila semua itu sudah terkonsep.
Untuk tahap selanjutnya yaitu hitung semua modal yang diperlukan untuk membangun bisnis ini. Bila sudah dihitung, sekarang tinggal membangunnya.
Bila sudah jadi cafe tersebut, tinggal berpromosi. Untuk promosi dapat dilakukan melalui radio, membagikan brosur ke sekolah-sekolah, kampus dan juga tempat-tempat tongkrongan anak muda. Berpromosi melalui jejaring sosial seperti Facebook dan juga Twitter juga sangat membantu.Hal pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana membuat orang mau memasuki cafe anda. Pastikan tersedia parkir bagi pelanggan anda sehingga pengunjung kafe merasa aman dengan kendaraan mereka.

Setelah menemukan pembeli, buat mereka merasa nyaman. peluang usaha yang friendly dan terkesan simple seperti tempat nongkrong di kebanyakan warung kopi tradisional, mungkin bisa dipilih dalam hal ini. Tidak semua orang sudah familiar dengan cafe. Banyak dari orang-orang sudah terbiasa dengan warung kopi kecil yang ada banyak di sekitar kita. Membuat cafe tampil sederhana tetapi cantik, tentu tidak memerlukan biaya yang mahal, bukan!

2. PROMOSI
cara promosi bisnis cafe yang di jalankan:

Menjaga cita rasa hidangan dan memberikan pelayanan yang memuaskan.
Kunci utama yang bisa Anda gunakan untuk menjaring banyak konsumen yaitu memberikan pelayanan total kepada konsumen Anda. Ketika cita rasa hidangan yang disajikan berhasil memikat hati konsumen, dan pelayanan yang diberikan membuat pelanggan merasa nyaman, maka bisa dipastikan para konsumen tidak akan segan untuk kembali lagi ke cafe Anda.
 Manfaatkan jejaring sosial untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya.
Strategi promosi gratis yang saat ini ramai dimanfaatkan para pelaku usaha yaitu twitter dan facebook. Andapun dapat memanfaatkan dua jejaring sosial tersebut untuk memperluas peluang pasar yang dapat Anda bidik. Contohnya seperti membuat akun pribadi untuk cafe Anda atau grup penikmat kuliner di facebook atau twitter, untuk menginformasikan segala kegiatan maupun menu makanan yang ditawarkan cafe Anda.
 Membuat website
Selain jejaring sosial, para pelaku bisnis cafe juga bisa membuat website untuk mempromosikan produknya melalui media online. Bahkan luasnya peluang pasar yang ditawarkan media internet, tidak hanya membantu Anda untuk mempromosikan produk maupun bisnis cafe di pasar lokal. Namun juga mempermudah Anda untuk menjangkau pasar nasional maupun internasional
Promosikan melalui mobile marketing.
Saat ini tidak hanya media internet saja yang dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk. Mobile marketing atau pemasaran melalui telepon selular menjadi salah satu alternatif para pelaku pasar untuk memperkenalkan bisnisnya kepada masyarakat luas. Misalnya saja mempromosikan sebuah cafe melalui SMS dengan menjalin kerjasama di provider-provider selular. Contohnya seperti berikut “Tunjukan SMS ini untuk mendapatkan diskon 50% makan dan minum di cafe “GAUL”. Berlaku selama bulan Juni. Info hubungi 031-555xxxx”.
Memberikan kartu member dengan jaringan diskon.
Kartu member jaringan diskon merupakan salah satu alat yang dapat Anda gunakan untuk membangun loyalitas konsumen. Dengan memberikan jaringan diskon bagi para member yang memegang kartu tersebut, maka secara tidak langsung Anda telah mengikat para konsumen untuk selalu kembali, dan kembali lagi ke cafe Anda.
berikut ada sebagian cara promosi


3. STRATEGI

STRATEGI SEGMENTING
a.apakah segmen yang dipilih tersebut sudah cukup besar?
b.apakah ada daya beli yang kuat terhadap segementasi yang dipilih?
c.apakah segementasi yang dipilih bisa dibedakan dengan segmentasi lainnya?
d. apakah sudah ada pesain lain yang telah menguasai segmen yang Anda pilih tersebut?
e.apakah segmentasi pasar yang dipilih tersebut bisa dijangkau?
f.apakah kita memiliki sumber daya yang cukup untuk menguasai segmen yang dipilih tersebut?

STRATEGI TARGETING
a. Bagaimana kondisi pasar yang kita targetkan tersebut? apakah sudah berubah saat sekarang ini? apakah kita tidak membidik pasar yang sebenarnya sudah ditinggalkan oleh para konsumen yang kita harapkan?
b. Apa yang menjadi landasan dan alasan kita memilih target pasar tersebut? mengapa tidak segmen yang lain?
c. Mampukah kita membuktikan bahwa segmen ini terbukti cukup potensial dan menguntungkan untuk dipilih?
d. Strategi apa yang akan kita lakukan apabila pasar yang kita pilih tersebut ternyata tidak merespon? Apa penyebab mereka biasanya tidak merespon?
e. Adakah segmen pasar lain yang lebih menguntungkan?
f. Beberapa kriteria sebuah pasar yang dijangkakan akan optimal diantaranya adalah: responsif, penjualan yang besar dan luas, pertumbuhan cukup memadai sesuai dengan yang diinginkan, jangkauan dan jaringan media yang ada.

J. PEMASARAN DAN MARKETING

Konsep marketing merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik peluang usaha baru maupun usaha yang telah lama dirintis, baik usaha kecil maupun usaha yang telah berkembang sekalipun. Semuanya membutuhkan konsep marketing untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Berbicara tentang konsep marketing, maka sesungguhnya kita sedang membicarakan bagaimana strategi pemasaran produk yang kita jual.

  Hal itu pulalah yang dihadapi oleh usaha kecil yang saat ini banyak bermunculan. Merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat konsumen pada usaha kecil masih sangatlah sulit. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha kecil tentunya dengan fokus pada strategi pemasaran.

  Dengan terbatasnya anggaran marketing yang dimiliki usaha kecil, bukan berarti menjadikan usaha kecil kalah dengan usaha skala besar. Untuk itu kita harus lebih kreatif dengan anggaran biaya yang minim untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat. Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan pemasaran dengan anggaran terbatas .Bekerjasama dengan pengusaha atau rekan Anda untuk pemasangan iklan

  Mencoba mengirimkan penawaran produk kepada pelanggan serta memberikan potongan harga untuk paket pembelian tertentu.
Perkenalkan produk dan usaha Anda melalui media gratis, hal ini akan membantu pencarian para konsumen tentang produk yang Anda tawarkan. Misalnya saja publikasi melalui internet.
Libatkan lingkungan yang ada disekitar usaha Anda, dalam salah satu kegiatan yang usaha Anda laksanakan. Ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara publikasi gratis kepada masyarakat sekitar.
Selain itu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil yaitu sebagai berikut :


1. Konsistensi
Dengan adanya konsistensi terhadap semua area marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan efektivitas penciptaan merek.


2. Perencanaan
Perencanaan konsep marketing yang akan dijalankan usaha kecil sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang diperoleh. Oleh karena itu luangkan waktu untuk merencanakan strategi marketing, anggaran marketing, serta konsep lainnya yang berhubungan dengan pemasaran.


3. Strategi
Strategi merupakan dasar untuk kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan, misalnya siapa target pasar, bagaimana usaha kecil membidik pelanggan, dan bagaimana cara menjaga konsumen yang ada sebagai pelanggan tetap.

4. Target Market
Mendefinisikan secara tepat pangsa pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dimasuki. Target pasar yang jelas akan membuat konsep marketing lebih mudah dilaksanakan.

5. Anggaran
Menghitung anggaran marketing merupakan bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan. Dari anggaran yang dibuat, dapat dipersipkan dana yang akan dibutuhkan untuk pemasaran. Biasanya usaha kecil membuat anggaran dengan tidak terlalu akurat, sehingga terjadi pemborosan.

6. Marketing Mix
Marketing mix biasanya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha kecil, perlu memutuskan dengan spesifik produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana dan bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain dapat mengetahui tentang produk yang ditawarkan.

7. Website
Saat ini bisnis apapun termasuk usaha kecil usahakan memiliki website, karena hampir 60% konsumen datang dari informasi dari internet. Sehingga informasi produk melalui website pun sangat mendukung peningkatan jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk Anda.

8. Branding
Branding adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Terkadang usaha kecil selalu melupakan kebutuhan brand atau pengenalan gambar, logo, bahkan produk yang usaha kecil hasilkan.

9. Promosi dan iklan
Promosi dan iklan merupakan konsep marketing yang harus dipertimbangkan pada berbagai bsnis dan produk, termasuk pada usaha kecil. Promosi dan iklan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand yang efektif hingga mampu meningkatkan penjualan.

10. Customer Relationship Management
Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten. Misalnya saja dengan membuat kartu membership, dan memberikan potongan harga tertentu bagi para member.

Ingat, bahkan sebuah usaha bisa hancur jika strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat. Oleh karena itu, review kembali konsep pemasaran dan rencana strategi pemasaran Anda, agar usaha Anda dapat berkembang lebih cepat dan tepat


K. TARGET DAN PEMASARAN

A. Aspek manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal
Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing,

  yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila telah pesanan telah diterima. Maka, tanpa pesanan tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi.
Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga.
Pesaing kita dari perusahaan katering lainnya

b) Konsep pemasaran
  Terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Anda mesti mensurvai para pesaing-pesaing Anda. Misalnya saja, menentukan apa, 10 menu terpopuler untuk katering di tempat anda. Nah, khusus,  menu itu, Anda mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru

c) Produk dan penetapan Harga
  Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan katering murah. Atau Anda menggunakan kompor yang boros. Bahkan bisa saja komponenen menu Anda yang salah. Di sini Anda perlu melakukan percobaan berkali-kali sampai menemukan formula yang pas dan bisa bersaing dengan catering murah lainnya.

C. Aspek Operasional
  Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu. Misalnya untuk usaha CAFE, paling tidak yang dibutuhkan adalah mengerti tentang rasa

D. Kiat-Kiat Pengelolaan Usaha Kafe
Apa yang menjadi kunci sukses bisnis CAFÉ  ini?
Punya Visi
Sederhana sebenarnya. Setiap orang yang ingin menjadi pengusaha apa pun jenisnya, perlu memiliki visi. Tidak usah muluk-muluk. Tapi mutlak ada. Ingatlah, bisnis itu mirip dengan bayi. Sekali saja ia dilahirkan maka tanggung jawab kitalah untuk mendidik dan membesarkannya hingga dewasa. Tidak bisa asal saja. Dan kalau sudah tidak suka dan banyak problem lalu main ditinggal saja. Bayi perlu persiapan yang banyak. Harus ada cinta dan kasih misalnya. Bisnis juga demikian. Itu sebabnya bisnis yang langgeng seringkali datang dari hobi kita sehari-hari. Karena hobi, dan sesuatu yang kita sukai, semangat dan minat kita akan selalu besar. Ini faktor yang penting sekali.
Rencana Matang
Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Kita perlu memiliki wawasan yang luas, dan tiap masalah minimal telah kita periksa.



BAB 3
ANALISIS CAFE

1.  Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan khususnya makanan dan minuman dengan lokasi yang strategis dan nuansa yang terkesan lebih santai membuat Kami yakin usaha ini akan mengalami kemajuan yang signifikan seiring dengan kebutuhan para Kaula Muda dan Mahasiswa akan tempat hang-out.

2.      Segmentasi Pasar
Happy Coffee  membidik semua kalangan tapi lebih mengacu pada kalangan menengah kebawah seperti para Kaula Muda dan Mahasiswa dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan tetapi juga tidak mengesampingkan kualitas produk sebagai tujuan utama kedai Kami.

3.      Analisi SWOT

a)      Strenghts (kekuatan)
§         Harga terjangkau
Merupakan salah satu strategi perusahaan kami yaitu penjualan dengan harga yang terjangkau, harga yang mampu diraih oleh semua kalangan. Jika biasanya anak sekolah ataupun mahasiswa hanya memdapatkan uang saku yang terbatas dari orang tua mereka, maka jika mereka ingin sekedar hang out maka CAFE kami adalah tempat yang tepat karenya menyajikan minuman dan makanan ringan dengan harga yang murah, yang hana berkisar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000.

§         Kualitas baik dan terjamin
Selain harga yang terjangkau kami tentunya memberikan kualitas yang terjamin, sumber bahan baku kami peroleh dari produsen kopi dan minuman-minuman yang sudah terjamin baik kesehatan maupun kebesihan produk.

§         Tersedia berbagai jenis kopi serta berbagai minuman dan makanan.
Di coffee shop kami Anda akan mendapatkan apa yang Anda inginkan, kami menyediakan berbagai macam kopi dan the serta makanan seperti Nasi Goreng, Mie goreng dll

§         Memiliki ciri khas yang tidak di miliki oleh kedai lain

Jadi, selain pelanggan bisa menikmati secangkir kopi, para pelanggan juga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Seperti yang telah di jelaskan diatas, selain Kami menyediakan fasilitas buku, Kami juga menyediakan fasilitas alat musik dan Wifi sehingga membuat para pelanggan merasa nyaman berada di cafe Kami.

§         Fasilitas lengkap
Kenyamanan akan diraih jika penyediaan fasilitasnya lengkap, maka hal itulah yang kami prioritaskan. cafe kami Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda dengan aman, seluruh took free Wifi, Musholla bagi umat muslim yang ingin enjalankan ibadah sholat, kamar kecil berjumlah 2 buah di setiap lantai, rak-rak – rak buku sebagai penunjang fasilitas bagi Anda yang ingin meluangkan waktu untuk membaca.

§         Tempat yang bersih dan nyaman
“Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Begitulah motto kami dalam menjaga kebersihan Coffee Shop kami, kami kaan menjamin kebersihan disetiap lokasi, servise kebersihan meja yang cepat sehingga tidak menggangu pelanggan yang sedang menikmati kopi dan makanan mereka.

§         Pelayanan yang memuaskan
Kepuasan Anda merupakan prioritas kami, kami menjunjung tinggi “Service with Love” maka kami dalam hal meyediakan produk haruslah bersih, rapi, cepat dan tepat. Hal ini kami jmain karena proses perekrutan karyawan sangatlah kami perhatikan.

§         Lokasi strategis
Kami  telah memilih tempat usaha kami di komplek ruko rananta yang mana lokasi ini sangatlah strategis, mudah ditemukan, merupakan rute transportasi umum, ramai drngan aktifitas masyarakat.

b)     Weakness (kelemahan)
§         Keberadaan bahan baku yang baik dan berkualitas sangat  minim
Banyak kita temui bahan – bahan makanan yang tidak berkualitas bahkan membahayakan kesehatan. Kami harus selalu menyeleksi apa yang akan kami gunakan untuk kualitas produk kami, saat ini sangt sulit untuk memperoleh bahan baku yang berkualitas dikarenakan orang – orang sekarang ini banyak yang lebih mementingkan kepentingan sendiri dengan cara menipu orang lain untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar – besaranya.

c)      Oportunities (peluang)
§         Terdapat banyak masyarakat khususnya anak muda yang konsumtif terhadap kopi
Tingginya tingkat konsumsi berbagai jenis kopi pada saat ini mendorong kami untuk membuka Cafe yang mampu memberikan pelayanan yang bukan hanya layak namun yang terbaik.

§         Permintaan pasar yang selalu meningkat

d)     Threats (ancaman)
Hambatan yang dapat membuat cafe ini tidak berhasil seperti para pesaing. Dimana akan ada banyak cafe yang akan didirikan dengan harga, menu makanan dan minuman yang bersaing. Turunnya minat konsumen terhadap kedai kopi juga merupakan masalah yang cukup serius, di zaman sekarang ini telah muncul berbagai macam inovasi dalam bidang makanan dan minuman, diantaranya munculnya makanan dan minuman cepat saji dan makanan dan minuman dalam kemasan yang enak dengan harga yang terjangkau. Hal itu tentu saja dapat mengancam keberadaan kedai kopi seperti milik  kai ini. Dan masih banyak lagi hambatan-hamabatan yang mungkin dapat menghambatan pertumbuhan dan keberhasilan cafe.
Selain faktor dari minuman itu sendiri, faktor cuaca dan musim juga menjadi problema yang cukup sulit. Saat musim hujan, maka meminat kopi akan meningkat. Sedangkan saat musim panas ataupun kemarau, tentunya jenis minuman kopi panas akan menurun meskipun minuman kopi dan teh yang dingin tetap bertahan.
Berikut adalah ancaman – ancaman lainnya :
§         Muncul pruduk baru yang lebih unggul
§         Kenaikan harga bahan baku karena terbatas
§         Adanya kompetitor yang lebih di kenal masyarakat

4.      Masalah Yang Potensial
Masalah yang potensial yang bisa terjadi di cafe ini, misalnya sebagai berikut :
·         Adanya komplen dari pengunjung / pelanggan.
·         Adanya pelayanan yang kurang baik.
·         Adanya karyawan yang datang telat / terlambat

5.      Resiko dan Hambatan
a.       Resiko yang dapat terjadi antara lain :
§         Banyaknya pengeluaran untuk reparasi alat cafe dan jasa-jasa lainnya.
§         Kerugian yang mungkin terjadi
§         Adanya pengunjung / pelanggan yang kabur / tidak membayar.
§         Mengeluarkan modal yang banyak dalam pendirian cafe.

6.      Tindakan Alternatif
Adapun tindakan-tindakan yang dapat dilakukan agar masalah-masalah, resiko dan hambatan tersebut dapat dicegah antara lain :
a.       Berusaha menyujikan menu sesuai pesanan dengan rasa yang sesuai.
b.      Memberikan sanksi bagi karyawan yang tidak sopan dan sering terlambat.
c.       Menggunakan jasa reparasi yang murah atau mempekerjakan sendiri orang yang ahli dalam bidang reparasi alat-alat elektronik atau alat cafe atau dapur.
d.      Mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu.
e.       Mencari tenaga kerja yang muda dan bertanggungjawab.
f.       Memberikan sanksi bagi pelanggan yang tidak dapat membayar pesanan.



 BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan

 Bangsa Indonesia sedang mengalami puncak-puncak dalam bisnis waralaba. Melalui kearifan dan kemajuan yang pesat dalam dunia bisnis.sehingga bila dijadikan modal dalam  mencari keuntungan Indonesia sangatlah strategis,apabila saran yang dipilih sebaiknya menjadikan lahan pangan sangat cocok. Karena apa semua orang butuh istrahat dan makan ,sehingga bila dijadikan bisnis sangat menguntungkan.

Setelah menemukan pembeli, buat mereka merasa nyaman. Peluang usaha cafe yang friendly dan terkesan simple seperti tempat nongkrong di kebanyakan warung kopi tradisional, mungkin bisa dipilih dalam hal ini. Tidak semua orang sudah familiar dengan cafe. Banyak dari orang-orang sudah terbiasa dengan warung kopi kecil yang ada banyak di sekitar kita. Membuat cafe tampil sederhana tetapi cantik, tentu tidak memerlukan biaya yang mahal, bukan!

B. Saran
Makalah ini beriskan sesuatu yang membahas tentang bagaimana kah berbisnis itu sisi positif bagi pembaca sekalian.  Kami menyadari sebagai penulis tidak ada yang sempurna di dunia ini, jadi mungkin bila makalah ini  jauh dari sempurna kami selaku penulis  meminta maaf bila ada yang salah.





SERDA TRY HARYADI

About try haryadi

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

2 komentar:

  1. saya khawatir ketika saya akan membeli rumah saya dengan nilai kredit buruk saya. saya ditolak pinjaman dari bank saya dan tidak bisa mendapatkannya. Saya menjelaskan kepada seorang teman, dia kemudian memperkenalkan saya kepada pria terhebat sepanjang masa pedro jerome. saya menjelaskan masalah saya kepadanya dengan mengirim teks ke suratnya dan dia membantu saya menyelesaikan semuanya dalam waktu 3 hari kerja. dia memberi saya pinjaman 400,000.00 euro untuk membayar rumah saya di mana saya juga digunakan untuk mengembangkan bisnis saya juga. semoga Tuhan memberkatinya! Anda dapat mengajukan pinjaman cepat dari mr pedro jerome yang bekerja dengan sekelompok investor .. dia penyihir yang dibicarakan semua orang di seluruh internet .. hubungi dia melalui surat di mr pedro pedroloanss@gmail.com. nomor whatsapp: +18632310632.

    BalasHapus
  2. sbf;gfIWTYFHLSKFGEIGRJGF;KD GLWRHOETHTIGHehg vlg origfIGFF/;FLHTHZGEJgwEFAJLVBLJADBGEHEIHWIUFG TERIMAKASIH

    BalasHapus