Tidak terbit fajar suatu hari kecuali dia berseru “putra
putri adam, aku waktu aku ciptaan baru, yang menjadi saksi usahamu. Gunakan aku
karna aku tidak akan kembali lagi sampai hari kiamat.
Di dalam al-qur’an terdapat empat surat yang diberi nama
waktu oleh allah. Yaitu surat al-fajr (waktu fajar) surat yang ke 89, surat
adh-dhuha (waktu dhuha) surat ke 93, surat al-‘ashr (waktu ashr) surat ke 103,dan
surat al-lail (waktu malam) surat ke 92. Hal yang menarik dari empat surat
tersebut adalah, bahwa ada pesan allah yang sangat besar terkait surat
tersebut.
Jika anda ingin membuat perubahan nyata dalam hidup anda,
anda harus terlebih dahulu memulai dengan belajar bagaimana secara efisien
mengelola waktu anda. Siapa pun yang mengetahui bagaimana mengelola waktu, akan
juga mengetahui bagaimana mengelola hidup. Manajemen waktu yang baik adalah
tentang prioritas yang tepat, baru setelah itu tercipta manajemen yang tepat
untuk hidup anda. Kualitas hidup anda tergantung pada manajemen yang cerdas
dari waktu anda dan bukan oleh jumlah energi yang anda konsumsi pada apa yang
anda lakukan.
Kami akan memberikan tips memenejemen waktu dengan baik:
1. Menguasai daftar hal-hal
yang harus anda lakukan (to-do lists)
To-do lists yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan
anda saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat.
Untuk setiap item dalam daftar, anda harus menentukan kapan dan berapa banyak
waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikannya. Tugas yang berulang dapat
direncanakan untuk hari-hari tertentu di mana anda memiliki waktu yang tepat
untuk menyelesaikannya.Anda tidak boleh meremehkan pentingnya perencanaan tugas-tugas anda. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan anda kontrol yang besar dari waktu anda. Anda harus menyadari apa yang terpenting bagi anda dan menempatkannya pada urutan atas di daftar anda.
2. Buat rencana SMART
(Specific-Measureable-Achievable-Reasonable-Timeline)
Rencanakan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu
sehingga anda akan lebih santai menjelang akhir minggu dan sebelum akhir pekan.
Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan di awal minggu (Senin atau Selasa),
sementara tugas-tugas yang lebih mekanis atau rutin di sekitar pertengahan
minggu, dan mendekati akhir minggu (Kamis dan Jumat) waktu anda bisa sedikit
lebih bebas dan santai karena di kedua hari ini telah menumpuk kelelahan dan
stres sebagai akibat dari pekerjaan di hari-hari sebelumnya.
3. Belajarlah untuk mengatur
prioritas anda
Anda harus belajar bagaimana secara efisien mengatur
prioritas-prioritas anda. Tugas yang paling penting harus berada di peringkat
lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80 %
dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha anda. Dengan kata
lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan mengabaikan
tugas-tugas penting anda untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.
4. Kunci manajemen waktu yang
sukses adalah delegasi
Kunci sukses manajemen waktu adalah delegasi. Jangan mencoba
untuk menyelesaikan semua tugas sendirian. Kenali mana tugas yang dapat
diselesaikan oleh orang lain dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka.
Ini adalah satu-satunya cara dimana anda dapat memiliki waktu yang diperlukan
untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagi anda. Pada saat yang
sama, apa yang anda pilih untuk dikerjakan, lakukanlah dengan benar pertama
kalinya demi menghemat waktu karena mengerjakan pekerjaan berulang. Pengalaman
menunjukkan bahwa waktu yang anda perlukan untuk mengulang pekerjaan anda akan
lebih banyak dihabiskan dibanding waktu yang anda perlukan untuk mengerjakan
pekerjaan secara benar dari awal. Delegasi adalah seni yang dapat memberikan
banyak manfaat bagi orang-orang yang harus melakukan banyak kegiatan.
5. Jangan takut untuk
mengatakan ‘TIDAK’
Anda harus belajar untuk sekali-sekali mengatakan TIDAK dan
menolak tugas-tugas yang tidak dapat anda lakukan. Jika anda kehabisan waktu
dan merasa stres, maka lebih baik untuk menolak undangan pergi makan siang atau
makan malam keluarga. Anda harus menyadari bahwa anda tidak dalam kewajiban
untuk mempersingkat segalanya dalam sekejap. Anda harus belajar untuk memilih
tugas yang anda benar-benar ingin lakukan atau yang perlu diselesaikan.
6. Membagi tugas yang panjang
dalam kegiatan yang lebih kecil
Teknik lain yang akan membantu anda dalam manajemen waktu
adalah dengan memecah tugas-tugas panjang yang biasanya anda tidak ingin
melakukannya atau terlalu sulit menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dan
lebih mudah dikelola. Ini akan mengelola baik stres maupun waktu anda. Anda
misalnya, dapat meluangkan waktu 10 menit setiap hari untuk bekerja pada tugas
yang tidak menyenangkan atau panjang. Dengan menggunakan pendekatan ini, secara
bertahap anda akan memiliki beberapa kemajuan, anda akan merasa lebih baik dan
pada akhirnya anda akan dapat menyelesaikan aktifitas dengan cepat daripada
terus menerus menunda
hal tersebut.
7. Perfeksionisme membutuhkan
waktu
Anda harus mencoba menghindari kesempurnaan. Berkutat tanpa
akhir dalam mencari kesempurnaan untuk hal-hal sepele adalah buang-buang waktu
dan tidak akan memberikan anda cukup waktu untuk menangani tugas-tugas yang
lebih berguna dan mungkin lebih menyenangkan.
8. Kenali waktu dimana anda
lebih produktif
Adalah normal bahwa kinerja Anda tidak sama sepanjang waktu.
Ada saat-saat dimana anda lebih produktif sementara di saat lain produktivitas
anda menurun karena berbagai alasan. Fase ini dapat terjadi pada hari yang
sama. Dengan asumsi bahwa anda bekerja 8 jam sehari, ini memberi anda sekitar
1.800 jam kerja per tahun. Temukan periode waktu dimana anda lebih produktif
dan di saat tersebut cobalah untuk menangani tugas yang paling sulit.
9. Cobalah untuk tidak
menunda hal-hal untuk nanti
Anda perlu belajar untuk mengatasi setiap tugas dan masalah
ketika perlu ditangani. Cobalah untuk tidak menunda kegiatan untuk lain waktu,
karena di bawah tekanan waktu anda lebih mungkin untuk melakukan kekeliruan dan
mengambil keputusan yang salah.
10. Hindari hal-hal yang
dapat mengalihkan perhatian anda
Selama jam kerja, cobalah untuk menemukan saat-saat di mana
tidak ada yang bisa mengganggu anda melakukan aktivitas. Jika anda memiliki
kebijakan pintu terbuka, anda mungkin harus menutupnya sesekali. Jika seseorang
datang ke kantor anda ketika anda memiliki tugas yang harus diselesaikan,
tolaklah secara lembut permintaannya dan jadwalkan waktu lain untuk bertemu
dengan mereka.
12. Jangan lupa diri anda
sendiri
Ketika anda membuat rencana,
jangan lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu
istirahat untuk anda sendiri. Selama waktu ini, pastikan bahwa anda benar-benar
berhenti dari pekerjaan anda, santailah dan isi ulang baterai anda. Jika
diperlukan cobalah untuk tidur selama setengah jam dan selama waktu itu lakukan
sesuatu yang anda sukai dan membuat anda tenang. Setengah jam memang tidak
membuat perbedaan dalam tidur anda, tetapi dapat memberikan kepuasan dan
mempersiapkan anda lebih baik di hari berikutnya. Beri penghargaan untuk diri
anda sendiri ketika anda berhasil menyelesaikan pekerjaan yang melelahkan.
13. Menganalisa dimana anda
menghabiskan waktu anda
Untuk dapat mengoptimalkan waktu anda lebih baik, anda harus
terlebih dahulu memahami di mana anda menghabiskan waktu anda. Untuk melakukan
itu, anda dapat menggunakan log (catatan rekaman) untuk merekam aktivitas anda.
Anda harus melakukan itu selama 2-3 minggu. Dalam log, anda harus mencatat
semua yang anda lakukan per jam ketika anda terjaga, berapa banyak waktu yang
anda alokasikan untuk setiap tugas, aktivitas, pertemuan dan berapa banyak
waktu yang anda alokasikan untuk istirahat dan tidur. Setelah anda memiliki
informasi ini di log, anda dapat mulai menganalisa di mana anda menghabiskan
waktu anda dan buatlah perubahan yang diperlukan untuk mengoptimalkan waktu
anda. Anda harus fokus pada kegiatan yang paling penting untuk diselesaikan.
Hindari kegiatan atau tugas yang tidak memberikan nilai tambah. Sebagai contoh,
setelah dilihat pada log anda, anda melakukan pengecekan email sebanyak 10 kali
dalam sehari; anda harus meminimalkan menjadi hanya beberapa kali per hari.
14. Selalu rencanakan waktu
untuk kegiatan tak terduga
Masukkan dalam rencana anda waktu ekstra untuk tugas-tugas dan kegiatan tak
terduga. Revisi rencana anda secara teratur dan alokasikan waktu untuk kegiatan
tak terduga. Hal-hal yang beresiko akan memakan waktu anda misalnya masalah
dengan PC anda, dan miliki solusi alternatif yang untuk mengatasinya.Manajemen waktu adalah suatu keterampilan yang memerlukan waktu untuk menguasainya sehingga mulailah bekerja dengannya! Pada akhirnya, manajemen waktu akan memberi anda waktu tambahan yang anda butuhkan untuk dapat menikmati apa yang paling penting bagi anda dan mengubah hidup anda menjadi lebih baik.
dari paragraf tersebut bahwa orang yang melakukan persiapan di waktu pagi, yang belajar di waktu kecil, yang berencana di waktu muda, dia akan mampu berbuat yang terbaik bagi dirinya sendiri maupun orang lain serta menjadi kebanggaan di lingkungan sekitarnya. akhirnya dia akan menjadi orang yang beruntung dan di akhir hidupnya dia akan memperoleh puncak kebahagiaan.
beda halnya dengan sebaliknya, orang yang tidak melakukan persiapan diwaktu paginya, tidak belajar diwaktu kecil, yang tidak berencana di waktu muda, dia akan menjadi makhluk yang tidak berguna bagi dirinya maupun oranglain dan lingkungan sekitarnya.
copyright by: carajuki.com,akuinginsukses.com
About try haryadi
Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.
0 komentar:
Posting Komentar